Aneka Jajanan Khas Kota Xi'an dan Beijing




1.    Bing Tanghulu
Jajanan ini terdiri dari beranekaragam potongan buah kering yang ditusuk mirip sate dengan  balutan karamel.  Rasanya? Kayak makan permen dengan berbagai rasa buah asli pastinya. 

2.   Bebek Peking
Makanan ini sangat terkenal di kota Beijing dan harganya lumayan mahal dikit untuk satu ekor bebek saja. Bebek disajikan dengan dipanggang bersama lumuran saos khas. Biasanya teman makannya berupa roti tawar, sayuran (lalapan), kecap asin bahkan kelopak bunga! Kebayang nda rasanya gimana?

Oh iya, biasanya sebelum disajikan, pelayan akan melakukan aktraksi gitu. Memperlihatkan kemakhiranya mengiris tipis daging bebek dihadapan para pengunjung degan begitu teliti!


3.   Sate Cumi
Karena saya penyuka seafood, cumi menjadi daftar makanan yang wajib dicoba. makanan ini identik dengan rasa pedas yang bukan berasal dari cabe sih menurutku. Sate ini di sebut dengan Shao Kao. Bahkan ada yang sampai ekstrim yaitu sate kalajengking! 

Ada lagi nih namanya Malatang yaitu sate sayur. Saya sempat coba sate kucai yaitu sayuran  rebus yang dilumuri sous dan dan dibakar dengan cukup diasap-asap saja. Rasanya? Mirip daun bawang.



4.   Mie kuah daging sapi
Jenis mie kuah kaldu dengan topping daging sapi dan biasanya dengan taburan sayuran (disebut Liangpi). So far this is my favorite! Secara kuahnya berasal dari rebusan tulang sapi. Gurih!


5.   Kacang-kacangan
Nah ini dah daftar jajanan yang juga saya suka. Rasa kacangnya empuk banget dengan perpaduan manis yang seimbang. Kacang ini disajikan dengan cara dipanggang dalam wadah besar. Kira-kira di Makassar ada yang jual nggak ya?






6.   Kue beras ketan
Kue ini agak sedikit lengket karena campuran dari beras ketan dan buah kering mirip kurma.

Kue ini biasanya juga disebut cake stick (kue tusuk). Mungkin fungsi stick nya biar nggak blepotan aja saat dimakan. Harga per sticknya yaitu 5 yuan atau sekitar Rp 10.000 dengan rasa yang tidak terlalu manis.


7.   Tofu- tahu berbumbu
Yup! Enaknya dimakan selagi panas dengan sensasi pedas yang lumayan menantang. Biasanya disajikan dengan taburan irisan daun bawang.


8. Telur urak arik kuah tomat
Ini makanan  khusus mahasiswa banget! Sudah harganya murah rasanya pun enak. Dan gampang ditemui di kantin kampus. Makin jatuh cinta dengan menu ini!


9. Ayam tepung saos pedas
   Kalau yang ini sih  sering bahkan banya ditemui di Indonesia. Tapi menurut saya harga yang ditawarkan jauh  lebih murah di negeri tirai bambu yah. Hmm, rasa saosnya beda dengan saos yang pernah saya coba. Pedas manisnya bikin ketagihan. hehe


10. Berbagai jenis kue kering dan basah
Dengan tampilan dan warna menarik, kue dengan bahan dasar tepung terigu dan isian berbagai rasa di bawah ini sangat wajib dicoba.




11.Roti Uighur
 Roti ini umumnya berbentuk gepeng disajikan dengan berbagai bentuk dan ukuran. Adonanya dibuat dengan biji wijen, mentega, susu, minyak sayur, garam dan gula. Karena kue ini teksturnya sedikit keras, sangat pas ditemani dengan semangkuk sop.



12. Lao Beijing Suannai 
Kalau dari tadi kita disuguhkan informasi semua tentang makanan. Nah, sebagai penutup saya perkenalkan minuman khas chinese food street yaitu   lao beijing suannai atau ‘old Beijing yoghurt’. Minuman yang full youghurt ini katanya baik untuk kesehatan lho dan dianjurkan diminum di awal pagi :-)









Comments

Popular Posts